JENIS JENIS BEKAS JERAWAT DAN CARA MENGATASINYA

by - Juni 23, 2020



Bekas jerawat merupakan satu dari sekian permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh remaja maupun orang dewasa. Meski bukan masalah besar bekas jerawat di wajah dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dan pastinya itu menghambat impian mereka. Tapi disini kamu juga harus paham bekas jerawat seperti apa yang kamu miliki sebelum kamu memutuskan untuk pergi ke dokter kecantikan atau ke klinik kecantikan. Kamu juga harus memikirkan resiko resiko yang mungkin didapat dan efek sampingnya untuk kulit kamu pastinya. .



Disini kita akan membahas jenis jenis bekas jerawat dan cara mengatasinya khusus untuk kamu agar kamu mengerti cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan bekas jerawat.

Bekas jerawat sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis seperti Ice Pick Scar, Boxed Scar, Rolling Scar, dan Hyperpigmentation Scar.

1. Ice Pick Scar
Ice Pick Scar merupakan bekas jerawat hasil dari cystic acne yang biasanya terjadi di area rahang, dagu, dan pipi. Peradangan jerawat cystic acne ini terjadi pada bagian dalam kulit sehingga merusak jaringan tissue dan meninggalkan bekas luka seperti tusukan. Bekas luka inilah yang membentuk lubang bekas jerawat sehingga sangat susah untuk ditangani. Cara mengatasi atau menyamarkan Ice Pick Scar , butuh perawatan khusus seperti laser treatment, punch excision, bahkan cangkok kulit.

2. Boxed Scar 
Boxed Scar adalah bekas jerawat yang disebabkan oleh jerawat yang meradang. Bekas jerawat ini tidak terlalu dalam tapi memiliki ukuran yang lebih besar. Penyebab dari jenis jerawat ini adalah rusaknya kolagen dan jaringan tissue pada kulit sehingga area kulit pada bagian tersebut tidak memiliki tumpuan dan menyebabkan kulit masuk ke arah dalam. Cara mengatasi bekas jerawat jenis ini bisa dilakukan dengan perawatan punch excision, punch elevation, dermal filler, atau laser resurfacing.

3. Rolling Scar 
Bekas jerawat jenis ini cenderung lebih dangkal, tidak memiliki batas luka yang jelas dan juga memiliki tekstur kulit naik turun seperti berombak. Rolling Scar sendiri disebabkan oleh jerawat yang meradang dalam jangka waktu yang lama. Selain itu bekas jerawat ini akan makin terlihat seiring bertambahnya usia jika tidak segera dilakukan perawatan yang tepat. Cara yang paling sering digunakan untuk mengatasi bekas jerawat jenis ini adalah dengan melakukan laser treatment dan facial filler

4. Hyperpigmentation Scar Hyperpigmentation Scar tidak menyebakan perubahan tekstur kulit melainkan menyebabkan perubahan warna pada kulit. Bekas jerawat ini disebabkan oleh peradangan yang membuat kulit memproduksi melanin dalam jumlah berlebih. Untuk menyamarkan bekas jerawat jenis ini pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen agar hyperpigmentation tidak semakin parah. Selain itu gunakan juga glycolic acid untuk mengeksfoliasi kulit dan retinoid untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit



OK dears, cukup yaa.. semoga bermanfaat

You May Also Like

0 komentar